Buku SMP Athalia
Eksplorasi ilmu alam 2 untuk SMP kelas VIII
IPA merupakan ilmu pengetahuan alam yang dapat mengungkapkan peristiwa-peristiwa alam di sekitar kehidupan kita. IPA juga menjadi dasar atas kemajuan di bidang teknologi saat ini. Untuk itu, pembelajaran IPA di SMP/MTs sangat diperlukan agar peserta didik dapat menjawan dan menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
Dalam proses pembelajaran IPA di SMP/MTs, setidaknya peserta didik harus melakukan lima proses. Lima proses tersebut adalah mengamati, menanya, mengeskplorasi/eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Dengan melakukan kelima proses tersebut, peserta didik telah melakukan proses pembelajaran saintifik sehingga dapat memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diharapkan.
Berikut komponen-komponen pendukung dalam buku ini.
1. Tugas pengamatan : berisi pengamatan peristiwa atau fenomena alam yang terjadi di lingkungan kita kaitannya dengan materi yang akan dipelajari. Pengamatan dilakukan sebelum kalian mempelajari materi dan menjadi proses awal dalam pembelajaran.
2. Aktivitas sains : berupa aktivitas percobaan yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan kompetensi keterampilan dan berpikir logis.
3. Tugas kelompok : berisi tugas yang dilakukan secara berkelompok untuk melatih kalian dalam melakukan kerjasama dan diskusi.
4. Review : berisi pertanyaan-pertanyaan untuk menguji kompetensi pengetahuan kalian setelah mempelajari konsep tertentu.
5. Link sains : berupa informasi website yang dapat kalian temukan melalui jaringan internet sehingga akan menambah wawasan dan menumbuhkan minat baca.
6. Info sains : berisi informasi tambahan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari sehingga akan menumbuhkan rasa ingin tahu.
7. Tugas personal : berupa tugas yang harus dikerjakan secara mandiri agar kalian memperoleh sikap kemandirian. Untuk itu, kerjakan tugas tersebut secara mandiri dan jangan menyontek pekerjaan teman.
8. Tugas proyek : berisi tugas yang dapat dikerjakan secara berkelompok untuk melatih kalian dalam mengerjakan proyek sehingga akan tumbuh sikap tanggung jawab.
9. Portofolio : berisi kompetensi keterampilan untuk menunjukkan kemampuan kalian dalam melakukan pengamatan, eksplorasi/eksperimen, manyajikan dan mengolah data, dan mengkomunikasikan dalam bentuk laporan tertulis.
10. Renungkan : sebagai perenungan atas peristiwa atau fenomena alam yang terjadi kaitannya antara materi yang dipelajari dan Tuhan sehingga akan menumbuhkan sikap spiritual atau religius.
11. Uji keterampilan : bertujuan untuk menguji kompetensi keterampilan sehingga kalian terampil dalam mencipta sesuai ilmu yang dimiliki.
12. Berpikir kritis : berisi pertanyaan lebih lanjut mengenai konsep yang disampaikan agar kalian dapat berpikir logis dan kritis. Dengan demikian, diharapkan kalian dapat memecahkan permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.
13. Tantangan untuk kalian : berisi soal-soal yang lebih kompleks dan bisa muncul dalam ajang kompetisi sains, misalnya olimpiade sains.
0000014057 | IND 500 Pur e-2 | SMP Athalia (500 SMP) | Available |
No other version available