Text
Panduan Penelitian tindakan kelas bagi Guru
Seorang guru, cenderung tidak mampu memperlihatkan peningkatan kualitas belajar anak didiknya apabila dirinya bersikap pasif, masa bodoh, dan tidak/kurang kreatif berupaya memecahkan permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam menjalankan kegiatan pembelajarannya. Sebaliknya, jika guru peka terhadap permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam menjalankan pembelajaran, serta aktif, kreatif, inovatif berupaya mencari cara-cara mengatasinya cenderung akan mencapai peningkatan kualitas hasil belajar anak didiknya. Oleh karenanya tampak, betapa guru memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan kualitas hasil pendidikan itu.
Oleh karena itu, kegiatan penelitian atau kajian tindakan kelas amat diperluakan dari guru-guru kita, bukan hanya terkait dengan mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran, tetapi berguna bagi pengembangan karir dan prodesioanlisme mereka.
Tak hanya itu, penelitian tindakan kelas juga merupakan jalan yang tepat bagi guru untuk melakukan evaluasi dengan hasil akurat, di samping menjadi entry point dalam menyemarakkan kreativitas guru menjalankan proses pembelajarannya, yang lebih lanjut diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hasil pendidikan anak didik, khususnya di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
0000016996 | IND 371.36 Agu p | SMA Athalia (371.36 SMA) | Available |
No other version available